Jumat, 31 Januari 2014

~Hari-hari saat Penelitian_Part 2~



 ~Suka Duka Penelitian TA~
Ceritaku berlanjut. Kali ini saya berhasil membujuk pembimbingku untuk menagambil data di RS. Setelah membawa surat ke RS, disana saya disuruh untuk mempresentasekan isi proposal saya. Wuihh… begitu rupanya. Di Sela-sela presentase, saya di Tanya ke mana arah penelitian saya sebenarnya, dan apa keuntungan yang bisa didapatkan RS. Pertanyaan pertama saya jawab dengan penuh percaya diri –pemanfaatan teknologi nirkabel pada EKG--, pertanyaan kedua saya pusing bukan kepalang. Ternyata untuk penelitian di RS.X ini, harus ada keuntungan yang diperoleh RS. Setelah saya melakukan penelitian disini.. Ckckckck… Sesaat saya dapat pencerahan—namun masalah baru muncul. Untuk penelitian disini saya tidak bisa dengan mudahnya memakai alat RS., saya juga harus membuat salah satu alat yang menjadi bahan perbandingan penelitianku. Menerut pembimbingku saya tidak perlu membuat alat yang saya teliti ini, karena telah dibuat orang. Dan saya hanya perlu me-review-nya kembali, membandingkan mana yang paling unggul dan kemudian dibandingkan lagi dengan alat standar yang ada di RS. Sepulang dari RS. Saya bingung langkah apa yang harus saya ambil selanjutnya. Hanya satu langkah yang terlintas dipikaranku saat itu, --konsul ke pembimbing—, beberapa saat menunggu prof. di kampus akhirnya saya bertemu juga dengan beliau. Stelah memberitahu masalah yang tengah saya hadapi, beliau menyarankan untuk tidak mengambil data di RS.X tersebut, karena beliau sedari awal tahu bahwa ujung2nya akan demikian (pihak RS.X akan meminta keuntungan dari penelitian ini). Beliau tetap kekeh dengan alat yang sudah rusak itu harus di perbaiki.. Saya meng-iyakan.. Bagaimana selanjutnya… Semoga dimudahkan –hopeful­--
Makassar, 29 Januari 2014

Tidak ada komentar: