Rabu, 12 Juni 2013

Contoh Proposal Kuliah Kerja Nyata _Part 1





Nah....
Untuk teman2 yang sekarang pada mau kuliah pasti bingung deh buat proposal KKNnya gimana,,
Nah ini salah satu contoh Proposal yang pernah saya buat waktu KKN dulu....

Berikut isi dari Proposalnya.....



I.       PENDAHULUAN
Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat intelektual yang ada dinegeri ini. Mahasiswa diharapkan mampu memberi andil dalam pembangunan Bangsa dan Negara. Pembangunan, disektor fisik yang terus melaju seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diimbangi dengan kemajuan masyarakat pada aspek nonfisik. Sejauh ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masih menyisakan ketertinggalan masyarakat pada aspek nonfisik. Dunia pendidikan, kesehatan masyarakat, dan kesejahteraan masih jauh dan menjadi problem klasik yang butuh penanganan serius.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung megajarkan kepada mahasiswa cara mengidentifikasi masalah-masalah sosial kerakyatan. Kuliah kerja nyata secara langsung akan menunjukan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata adalah yang pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pendidikan dan pengajaran, penelitan, dan pengabdian pada masyarakat. Yang kedua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah, sedang, dan atau akan dipelajari. Yang ketiga adalah lintas sektoral, keempat dimensi yang luas dan pragmatis, kelima adalah ketelibatan masyarakat secara aktif, keenam adalah keberlanjutan, dan terakhir adalah bertumpu pada sumber daya lokal.
Dengan demikian pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan mampu untuk mengikuti derap langkah pembangunan yang semakin dinamis untuk meningkatkan sumber daya manusia baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat dalam pemamfaatan dan pengolahan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Kuliah Kerja Nyata sebagai suatu studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat

II.     TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata sebagai berikut:
a.       Sebagai wujud dari orientasi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat.
b.      Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
c.       Memberi pengalaman kepada mahasiswa tentang kondisi yang terdapat pada masyarakat dan bagaimana hidup di tengah–tengah masyarakat dengan mengimplementasikan disiplin ilmu yang kita miliki.
d.      Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan Pemerintah Kecamatan, pemerintah Kelurahan dan masyarakat secara langsung.
e.       Sebagai bahan pembelajaran untuk memahami karakteristik masyarakat pedesaan yang majemuk dengan segala pola hidup masing–masing.

III.   SASARAN KEGIATAN
             Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah:
a.       Menjalin kerjasama antara mahasiswa dengan masyarakat desa sebagai usaha pemecahan masalah dibidang sosial.
b.      Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat khususnya masalah sosial.

IV.   TEMA KEGIATAN
         Nama Kegiatan ini adalah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana”.

V.     PENYELENGGARA
           Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Peserta KKN Universitas Hasanuddin Makassar Gelombang 84 Tahun 2013 bekerja sama dengan Kodam VII WIRABUANA.

VI.  WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari/Tanggal      : Selama bulan Maret dan April
Tempat               : Kelurahan Sibatua    
VII.        SUMBER PENDANAAN
Sumber pendanaan dari kegiatan ini diharapkan berasal dari :
*       Kas Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 84, Ke. Sibatua, Kec. Pangkajene, Kab. Pangkep.
*       Donatur yang tidak mengikat.
*       Pencarian dana lainnya yang halal.
VIII.     RINCIAN ANGGARAN
Terlampir
IX. PENUTUP
Demikianlah proyek proposal ini kami buat sebagai gambaran umum pelaksanaan kegiatan dan bahan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait yang turut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. Mohon kiranya agar dapat ditindak lanjuti.
“Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”
Makassar, 25 Maret 2013
KKN Unhas Gel. 84
Kelurahan Sibatua
        



_Syamsul_Hidayat_
Koordinator  Kelurahan
__Sudarti__
Sekretaris


                                                                                    Mengetahui,
 
                                                                          Lurah Kelurahan Sibatua


 
__H. Achmad Bachtiar, SP__
NIP.19630507 199102 1 006











Lampiran-Lampirannya nyusul ya....

Tidak ada komentar: