Selasa, 26 Februari 2013

Luka Baru



Nah,,, kali ini kita akan bahas tentang luka,,,
luka yang di maksud adalah luka baru, bagaimana sih penanganan pada luka baru....?
Check this out....

Luka baru, terutama yang kotor, sebaiknya dibersihkan dengan air dan antiseptik. Kemudian segera dikeringkan dengan kain bersih (bukan tisu, ingat! BUKAN TISU). Sebab sisa-sisa tisu yang menempel di atas luka dapat menjadi tempat kuman berkembang biak, sehingga menghalangi tumbuhnya jaringan granulasi dan jaringan epitel yang akan menutup luka. 
Bila lukanya dangkal dan terdapat di bagian tidak bergerak, sebaiknya luka dibiarkan terbuka. Cara ini membuat proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Antiseptik atau salep antibiotik tidak diperlukan, bila lukanya bersih.

Bila lukanya dalam atau kotor sebaiknya ditutup dengan kasa steril; jangan menggunakan kapas atau tisu dengan alasan sama seperti di atas. Bila ada perdarahan segera hentikan dengan menekan tempat keluarnya darah menggunakan kain kasa steril yang dingin (atau sambil dikompres dengan es), dan baru dilepas bila perdarahan sudah berhenti.
Menggunakan antiseptik untuk luka segar boleh-boleh aja, guna membunuh kuman. Kadang dipakai salep antibiotik, tetapi sebaiknya tidak dilakukan pada tiap luka, untuk mencegah kuman menjadi kebal. 
Jika luka yang terjadi cukup besar, mengalami perdarahan cukup banyak, mengalami perdarahan di dalam, atau menampakkan tanda-tanda infeksi (merah, bengkak, bernanah), sebaiknya segera dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Oke sekian postingan kali ini,,,,
Bersambung......
*drama kali ya :-P

Tidak ada komentar: