Sabtu, 08 Februari 2014

KERMA - Kinetic Energy Release in Material



Kerma adalah jumlah dari energi kinetik awal dari semua partikel bermuatan dibebaskan oleh radiasi pengion bermuatan (yakni, radiasi pengion secara tidak langsung seperti foton dan neutron) dalam sampel materi, dibagi dengan massa sampel. Kerma berbeda dari dosis yang diserap, sesuai dengan energi yang terlibat. Sementara, kira-kira sama pada energi rendah, Kerma jauh lebih tinggi dibandingkan dosis yang diserap pada energi yang lebih tinggi, karena beberapa energi lolos saat menyerap volume dalam bentuk sinar-X bremsstrahlung atau elektron bergerak cepat. Satuan untuk Kerma adalah joule per kilogram (gray (Gy)), yang sama seperti untuk dosis terserap.

Kata "Kerma" adalah singkatan untuk "energi kinetik dirilis pada materi ("kinetic energy released in material") atau kadang-kadang "energi kinetik per satuan massa dirilis".
Energi foton ditransfer ke masalah dalam proses dua langkah. Pertama, energi dipindahkan ke partikel bermuatan sekunder melalui berbagai interaksi foton (efek fotolistrik misalnya, hamburan Compton, produksi pasangan dan eksitasi photonuclear). Selanjutnya, partikel-partikel bermuatan sekunder transfer energi ke media melalui eksitasi atom dan ionizations.
Untuk foton energi rendah, Kerma secara numerik kurang lebih sama seperti dosis yang diserap, namun, untuk foton energi yang lebih tinggi itu mulai berbeda. Hal ini karena elektron yang sangat energik diproduksi dapat menyimpan sebagian energi mereka di luar daerah kepentingan, atau mungkin kehilangan energi mereka melaluinya (bremsstrahlung)

 Untuk lebih lengkapanya silakan teman2 unduh di link berikut: http://www.slideshare.net/dharty_su/kerma-kinete

Tidak ada komentar: